Pengalaman Pertama Kali Beli AC (Pas Jelang Lebaran)

Saya bermaksud membeli AC dengan ukuran 1/2 PK. Saya rasa ukuran ini sudah pas dengan kamar kami yang luasnya 3,5×2,5m. Pemilihan PK yang pas sangat penting untuk membuat ruangan cepat dingin dan menjaga kestabilan tagihan listrik 😁

Saya pilih AC biasa, bukan yang low watt maupun yang inverter. Kenapa? Karena AC low watt rata-rata suara outdoornya keras. Adapun inverter tidak saya pilih karena AC di kamar hanya saya gunakan kadang-kadang saja, tidak rutin. AC inverter cocoknya buat yg butuh pakai AC rutin/tiap hari.

Setelah menentukan ukuran PK, menentukan mau beli AC split standar, memilih watt (yang 360watt, tanpa embel-embel low watt), mulailah saya membandingkan berbagai merk.

Baca sana-sini, kepincut deh sama brand Aqua (dulu Sanyo). Secara review, harga, tampilan, dan daya udah cocok dengan seri Aqua KR5FQBL.

Masalahnya adalaaah.... saya beli di 3 hari jelang lebaran (28 maret 2025)! Dan ini membuat pilihan jadi terbatas. Gak bisa beli online, kudu ke toko. Belum lagi jasa pasangnya. Rata-rata tukang AC udah pada mudik atau libur operasional.

Kenapa beli mepet lebaran? Karena anak cucu ngabarin klo mo pada lebaran di Semarang. Udah gitu kami juga pas ada rejeki. Tadinya mo ajak staycation aja biar gak gerah di rumah. Tapi harga penginapan melonjak banget pas Lebaran 🤣 Maka daripada buat nginep tiga hari, udahlah buat beli AC aja, biar mereka gak kepanasan.

*******
Pertama saya ke Atlanta elektronik. Mereka punya unit AC Aqua, tapi yang seri KR5FQAL. AL dan BL bedanya di ion. Kalo yg AL gak ada ion nya. Ditambah fakta bahwa jasa pasang dari toko sudah libur, maka saya pun balik badan.

Lalu mampir ke Global elektronik. Mereka gak punya merk Aqua. Adanya Sharp. Daikin juga ada sih, tapi budget saya yg gak nyampe kalo beli daikin 🤭
Poin plusnya adalah jasa pasang masih tersedia.

Saya galau. Apa ganti Sharp aja?

Tapi akhirnya saya putuskan cari di toko lain dulu. Masih kepingin beli Aqua. Coba cek di Modern Elektronik, ternyata juga gak punya brand Aqua. Tapi disini masih ada jasa pasang, murah pula, 350.000. Di dua toko sebelumnya 450.000.

Iseng cek shopee, lihat AC yang saya mau, lalu saya filter area Jawa Tengah, nongol toko UFO di Semarang.

"Eh. Kok baru tau ada toko elektronik UFO?"

Chat admin, nanyain stok, katanya ada. Tanya jasa pasang, katanya bisa. Ya udah, malam itu cus ke toko.

*******
Sales Aqua di UFO elektronik menyambut saya dengan baik. Saya langsung sampaikan bahwa saya mau beli AC tapi minta dipasang besok. Apakah bisa?

Dia bilang bisa. Ya udah. Saya langsung transaksi. ACnya saya bayar dan langsung saya bawa saat itu juga. Jadi jasa pasang AC itu bakal datang kalo unitnya sudah ready di rumah saya. Maka kalo mau petugasnya masang besok, ya hari ini ACnya sudah harus nyampe ke rumah. Gak bisa minta dibawain besok sekalian.



Sales juga menginfokan program cashback yang bisa saya dapatkan dengan mengisi link dari official Aqua. Saya dapat harga 2.850.000 untuk unit AC Aqua KR5FQBL. Potensi cashback Rp 100.000 (terpampang di display AC). Setelah saya ikuti prosedurnya, yang muncul adalah cashback 200.000. Mayan lah ya. Tapi sampai tulisan ini dibuat (hampir 2 minggu pasca isi link) cashbacknya belum cair 😌

*Update: tanggal 12 April, sehari paska nulis ini, cashbacknya cair. Horaay




Sayangnya, ini mungkin efek buru-buru, saya gak cek medsosnya UFO. Saat itu lagi ada program undian dan program diskon juga. Cuman salesnya gak ngomong apa-apa. Jadi saya taunya soal diskon tambahan juga telat. Udah sampe rumah baru ngeh. Yaudahlah. Tp yang program undian akhirnya saya tanyain ke CS UFO, kenapa saya gak dikasih kupon. CS minta data saya, lalu dibantu isi kupon undian dan dimasukkan ke kotak undian (saya dikirim bukti foto). Bismillah deh, semoga rejeki 🥰

Ikutan lomba foto bareng BA Bobby Saputra (Coolben)


*********
Dah kan. AC udah di rumah. Tinggal nunggu besok siang. Katanya si tukang bakal datang jam 2.



Disinilah drama dimulai.

Jadi saya jelasin dulu nih. Pas masih di toko, ngobrol sama sales dan mastiin jasa pasang, si sales nawarin jasa diluar toko. Saat itu jasa pasang dari toko 485.0000. Salesnya bilang klo pake jasa toko ada garansi 2 minggu, tapi kalo pake jasa dari Aqua resmi garansinya 1 bulan. Bayarnya juga lebih murah, 450.000. Disinilah saya salah langkah.

Dipikiran saya: ini yang masang dari service center resmi Aqua, garansi lebih lama, harga lebih murah. Why not?

Saya minta nomer tukangnya, mastiin dong, besok beneran bisa pasang apa enggak? Kan saya beli AC buat dipake lebaran. Lha kalo gak bisa dipasang ya percuma beli sekarang. Saat itu juga saya chat ke tukangnya: besok bs masang ke rumah saya ga? Dijawab bisa. Saya juga tanya: mas ini service resmi Aqua? Dijawab iya.

Oke. Saya tunggu dong besoknya.

Jam 11 siang si tukang, sebut saja J, kontak. Tanya apakah bisa masang jam 12 siang. Maju dari janjian semula yang jam 2. Saya keberatan karena saat itu posisi suami lagi di luar rumah. Masa iya saya ngadepin tukang sendirian? Jadi saya minta jam 1 aja.

Tunggu punya tunggu, sampai jam 1.30 ga ada kabar. Saya chat, katanya lagi cari pipa AC, alasannya toko pada tutup jelang lebaran.

Sebetulnya disini udah ngerasa aneh. Kan tadi janjian mo datang awal, kok sekarang mo nyari pipa? Tapi saya masih coba positif thinking. Apalagi dia bilang kalo order pipa di temennya tapi disuruh nunggu 1 jam.

Satu jam berlalu, gak ada kabar dari pak J. Sampai jam 3 sore juga belum ada tanda-tanda. Saya mulai gelisah. Ini kalo pasangnya kesorean atau malam trus gimana? Kan ntar kudu naik plafon pasang kabel listrik segala.

Akhirnya jam 3.30 sore saya konfirmasi, udah dapet apa belum pipanya. Dia bilang belum dapat, mungkin besok. Lhaaa...  kok enak ngomong besok. Saya tegesin aja: kalo pasangnya besok sih saya mau pake jasa toko aja. Saya minta dia karena janjinya bisa pasang today. Ni posisi saya udah nanya ke Modern Elektronik nih, apakah bisa pake jasanya aja, gak beli AC disitu, dan dijawab bisa. *The best lah CS Modern Elektronik nih. Ramah dan sat set.

Tiba-tiba jam 4 pak J bilang kalo ud dapat pipa dan mo jalan ke rmh saya. Disini sebetulnya perasaan saya udah gak nyaman. Mau cancel sungkan, tapi udah males lah dengan cara kerjanya.

Lagi-lagi karena waktu yang mepet, maka saya terima aja. Jam 5 sore pak J nongol di rumah. Dia datang berdua. Begitu lihat orangnya, saya langsung tau kalo dia bukan dari service center resmi Aqua 🥲 (ga pake seragam khas service center)

"Bapak bukan dari service center resminya Aqua tho?" Saya memastikan.

"Saya dulu pernah kerja di service center resminya Aqua, Mbak," jawabnya.






Cara kerjanya sih sat set. Tapi karena sat set itulah saya jadi merasa khawatir ada yg terlewat. Proses pasang indoor kelar dalam waktu 15menit. Lanjut pasang outdoor, juga cepet, cuma 10 menitan.

Saya awasin apakah unit outdoor divakum. Untuk AC dengan freon R32, proses vakum ini penting. Awet tidaknya AC bergantung pada proses start awal. Kalo pasangnya udah gak bener, ntar ACnya rewel.

Yang bikin saya shock pas lihat braket outdoor.

"Loh. Braketnya bekas pak?" Saya lihat braketnya ada bagian berkarat.

"Iya, Mba. Tapi masih bagus kok. Ini tebal," jawabnya.

Astagfirullahaladzim....



Kondisi masih puasa, nahan gondok di hati. Kok bisa-bisanya dia kasih saya braket bekas. Padahal saya gak nawar, gak minta diskon, bayar juga gak murah. Saklar listrik yang buat AC juga dikasih yang non brand (biasanya dikasih merk yg bagus, panasonic gt). Pipa AC juga dikasih yang tebalnya 0,5mm (standartnya 0,6). Aah...kuciwa. Tapi mo gimana lagi. Buat pengalaman aja. Next kudu detail soal dapetnya apa aja, merk, ukuran, dan soal baru bekasnya. Btw, saya kudu beli pipa pembuangan air sendiri. Untung toko depan rumah ready.

Hanya butuh waktu 40 menit sejak pak J datang dan AC bisa menyala sempurna. Di tempat saya udah ada lubang ventilasi udara, jadi pak J gak perlu ngebor tembok bikin lubang pipa AC. Pak J kemudian menyodorkan lembar tagihan. Total 660.000: biaya pasang 450.000, biaya titik listrik 150.000, biaya kabel listrik 60.000.

"Kalo ada yang mau ditanyakan silahkan," katanya.

Saya udah males nanya. Jadi saya lunasin aja.

Sampai sekarang (11 April 2025) AC nya masih oke. Dingin, normal. Alhamdulillah.


Demikian pengalaman saya pertama kali pasang AC. Nanti kita lihat berapa tagihan listriknya 😆


Komentar