Akhtara Coffe Semarang

Selasa, 9 Januari 2024

Sore ini kami diajak Ucup ke Akhtara Cafe di gang Cempaka Sari, Sekaran, Unnes. Kata Ucup cafe ini dimiliki oleh pak Supri, seorang kontraktor yg merajai area Gunung Pati dan sekitarnya.

Disana rencananya mau ketemuan sama mas Lukman. Terus mas Lukman tanya: "Akhtara yang mana?" Lah, emang ada berapa cafenya? 😅

Ternyata pak Supri punya 2 Akhtara: yang satu Akhtara Coffe dan Eatery, yg satu lagi Akhtara Coffe and Sky View. Akhtara yang Eatery di gang Cempakasari, sedangkan yang Skyview di Patemon. Sama-sama di Sekaran Unnes sih. Jaraknya cuma selisih 10 menitan naik kendaraan.

Tadinya mo coba ke Sky View karena Ucup udah pernah di Eatery. Tp karena dari foto di google tuh Skyview cenderung outdoor, dan cuaca mendung gerimis, akhirnya kita ke Eatery.

Foto Akhtara SkyView dari Google

Menurutku posisinya Akhtara Eatery itu masuk gang dan jalan masuk ke cafe itu cuma cukup satu mobil dan satu motor. "Wah, bikin cafe di tempat kayak gini laku juga ya," batinku. Kulihat juga sekarang banyak sih tempat makan yang rada mblusuk-mblusuk gitu.

Sampai di lokasi, ternyata sedang ada perbaikan. Tembok depan dibobok, para tukang tampak sibuk di area teras cafe. Terus area sebrang cafe yang terlihat seperti area parkir juga dipasang penghalang. Waduh. Kita pikir tutup cafenya. Ternyata cafe tetap buka. Alhamdulillah, kami pun masuk.

Suasana di dalam beneran nyaman. Kursi-kursi dan meja ditata dengan modern dan cozy. Ini sepertinya rumah lama yang disulap jadi tempat makan. Eternitnya mengingatkanku pada eternit di rumah mbah kakung.






Menu tergolong lengkap. Ada ikan, ada sapi, ada ayam, ada udang, cumi. Cemilan juga banyak. Pisang goreng, tahu walik, cireng, mendoan, french toast, banana split. Minuman pun macam-macam. Ada brew manuak, espresso, mocktail, ada aneka tea, ada mix juice, dan ada minuman tradisional.

Farah, istrinya Ucup, order chicken steak, Gurami, tahu krispi, pisang goreng. Aku pesen frenchtoast. Untuk minumnya aku pesan es bir plethok, dan ini enak lho. Cuma namanya doang BIR, tapi isinya rempah macam jahe, kayu manis, kapulaga, gitu2. Tadinya takut gak suka, tapi surprisingly seger gak kyk bayangan awal yg berasa jamu 😁

Air disini pake Amidis. Di foto ada chicken steak, pisang goreng (isi 3) dan tahu krispi 

Gurami sambal dabu. Sambalnya yg di mangkok hitam

Bir pletok

Milktea dan frenchtoast


Untuk harga standart cafe lah ya. Minuman mulai belasan sampe dua puluhan ribu. Harga cemilan juga sama. Adapun makan berat rata-rata 30-50 ribu per porsi. Scan aja QRcode di gambar atau klik ini, ntar muncul pilihan menu dan harganya.



Secara tempat cocok buat ketemu temen, makan sama keluarga, meeting kecil, ngerjain tugas. Baca reviewnya orang kok katanya ada ruangan meeting juga. Tapi aku gak ngliat langsung dan gak nanya detailnya.

Area outdoor juga ada, cuman kalo pas hujan gak bisa dipake. Ada musholla, toilet, dan area bermain anak. Musholla disini cukup besar, muat 50 orang. Tempat wudhu juga ada 4 kran. Toilet ada 2, cukup bersih tapi pintunya tricky banget 🙈 musti rada diangkat dikit, digeser2 dicari selahnya, gak mau langsung nutup. Wastafel... kok aku gak lihat ya? Aku cuci tangan di tempat wudhu.

Outdoor area. Beratap langit

Toilet dan tempat wudhu

Musholla

Area bermain anak


Menu makanan tergolong variatif, rasanya pun cocok dengan lidahku. Kecuali tahu krispi...kudu langsung dimakan. Kalo udah dingin tepungnya keras. Gurami nya oke, gak bau tanah. Frechtoastnya aku suka banget. Lembut, isiannya padat, makannya gampang. Pisang gorengnya juga gendut dan manis.

Cuman tempat parkir aja yg menurutku kurang proper buat mobil. Gak tau ntar kedepannya yaa. Mungkin bakal ada lahan khusus.

Pas kami keluar dari cafe jam 18.30 wib, pas ada pak Supri lagi ngasi petunjuk ke tukang di teras. Ucup dan mas Lukman nyamperin, ngobrol dikit. Aku rada nyesel kok gak nanya "Kenapa pilih nama Akhtara?" 😓


Komentar